by

DANA DESA TINGKATKAN EKONOMI PETANI, PERCONTOHAN BUDIDAYA BAWANG MERAH

-Ekbis-62 views

Pemerintah Pemerintah Nagari Tlukkualo, Kecamatan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan manfaatkan dana desa (DD) untuk kegiatan demplot bawang merah.

Upaya itu dilakukan agar potensi besar yang dimiliki untuk budidaya bawang merah oleh nagari itu, bisa memberikan jaminan ekonomi bagi masyarakat petani di masa datang.

Hal itu disampaikan Wali Nagari Tlukkualo, Dedi Joafnaldi, Rabu (2/2) terkait upaya yang dilakukan nagari itu dalam memanfaatkan dana desa untuk pengembangan sektor pertanian.

“Demplot bawang merah melalui kegiatan Mandiri Hortikultura ini dilaksanakan melalui dukungan dana desa. Kami berharap dengan adanya demplot bawang merah ini, Nagari Tlukkualo bisa menjadi sentra bawang merah dataran rendah nantinya di Pesisir Selatan. Sebab potensi pengembangannya sangat besar di nagari ini,” katanya.

Dijelaskannya, lokasi demplot bawang merah itu dilakukan pada lahan Kelompok Tani (Keltan) Pematanglesung, Nagari Tlukkualo dengan pelaksana Afrizal Kirun, seluas 0,5 hektare.

Pimpinan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Airpura, Gusrianto menjelaskan, kegiatan demplot bawang merah dataran rendah itu bisa tercapai berkat gagasan pemerintahan kecamatan dalam rangka pemanfaatan dana desa.

“Kegiatan ini merupakan gagasan dari pemerintahan kecamatan dalam rangka pemanfaatan dana desa untuk sektor pertanian. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat bahwa bawang merah dapat tumbuh subur di daerah kita. Tentu nantinya akan menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata Gusrianto.

Dia menambahkan, tahun 2021 lalu luas lahan yang dikembangkan untuk budidaya bawang merah dataran rendah ada seluas 10 hektare.

“Lahan seluas itu, semuanya dikembangkan di dan dilaksanakan di Nagari Tlukkualo. Saya berharap ini bisa menjadi motivasi bagi petani di nagari lainnya di Kecamatan Airpura ini. Sebab potensi pengembangannya ada pada semua nagari di kecamatan ini,” timpalnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.