by

Optimalkan Layanan Respon Kasus, Kemensos Laksanakan FGD

-Berita-33 views

Kementerian Sosial RI terus berupaya mengoptimalkan dan meningkatkan pelayanan rehabilitasi sosial melalui penanganan respon kasus. Dalam mendukung upaya ini, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) untuk menyempurnakan format penanganan respon kasus.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Pepen Nazaruddin menyampaikan bahwa Ditjen Rehsos melalui Sentra-sentra merupakan wajah Kementerian Sosial dihadapan publik.

“Sentra sebagai wajah Kementerian Sosial harus lebih meningkatkan pelayanan secara komprehensif, artinya kita mampu mengembalikan fungsi sosial yang terganggu melalui pelayanan rehabilitasi sosial”, Ujar Pepen.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa dalam upaya meningkatkan pelayanan akan didiskusikan mengenai standar pelaksanaan kegiatan respon kasus. “Pada kesempatan kita bersama membahas mengenai standar pelaksanaan respon kasus yang digitalisasinya juga tengah di kembangkan”, tambahnya.

Standar pelaksanaan respon kasus perlu didiskusikan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan. Seperti hal mendasar pada program Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yaitu pemberian komponen bantuan diberikan melalui asesmen yang komprehensif. Oleh itu kita perlu berkreasi dalam melakukan asesmen pada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).

Hal ini disampaikan Dirjen Rehsos sebagai penutup dalam acara pembukaan FGD yang di laksanakan di Aula Sentra Terpadu Pangudi Luhur di Bekasi. Kegiatan FGD ini dihadiri oleh seluruh Kepala Sentra Terpadu/Sentra di Lingkungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial. Kegiatan akan berlanjut dilaksanakan hingga Sabtu, 25 Juni 2022

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.