by

Presiden Jokowi Undang Kaisar Jepang Naruhito Kunjungi Indonesia

-Berita-8 views

Jakarta. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo mengundang Kaisar Jepang, Naruhito, dan Permaisuri Masako untuk mengunjungi Indonesia. Undangan itu diutarakan saat Jokowi berkunjung ke Istana Kekaisaran Jepang di Tokyo pada Rabu (27/7/22).

“Saya tunggu kunjungannya [Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako] di Indonesia, Yang Mulia,” kata Jokowi dalam pernyataan resmi usai melakukan pertemuan.

Naruhito kemudian menyambut baik undangan Jokowi dan mengucapkan terima kasih atas ajakan tersebut. “Terima kasih, saya mendoakan kebahagiaan dan kesuksesan Bapak Presiden,” ucap Naruhito.

Jokowi sebelumnya mendapat sambutan hangat saat tiba di depan kediaman Naruhito. “Selamat datang, saya senang sekali bisa bertemu kembali dengan Bapak Jokowi,” ucap Naruhito.

Jokowi kemudian merespons, “Yang Mulia, terima kasih atas penyambutannya.” Jokowi dan Kaisar Naruhito terlihat kompak memakai setelan jas, masing-masing berwarna biru gelap dan hitam.

Sementara itu, Permaisuri Masako mengenakan pakaian tradisional Jepang kimono dan Ibu Iriana mengenakan setelan kebaya dan kain batik. Warna kimono Masako dan kebaya Iriana pun senada bernuasa putih-abu.

Jokowi dan Naruhito kemudian menggelar pertemuan sekitar 30 menit. Lalu, Jokowi dan rombongan pamit.

Sebelum bertandang ke Kaisaran Jepang, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Kantor Perdana Menteri untuk bertemu PM Fumio Kishida. Mereka membahas sejumlah hal mulai dari kerja sama ekonomi hingga pertahanan.

Selain itu, Jokowi dan Kishida juga menyinggung perhelatan G20. Orang nomor satu di Indonesia itu berharap sang PM bisa hadir di acara puncak forum ekonomi di Bali, November mendatang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.