Pemilu 2024 Hingga Infrastruktur Polri Disiapkan di Wilayah DOB Papua

Jakarta – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pengamanan di wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua jelang Pemilu 2024 sangat dipersiapkan. Persiapan pun terus dilakukan mulai dari pola pengamanan, deteksi dini kerawanan, hingga jumlah personel yang ditempatkan.

“Tentunya karena 4 DOB ini nantinya di tahun 2024 akan didefinitifkan kan, jadi provinsi baru kita juga siapkan personel, termasuk kerangka untuk mempersiapkan manakala nanti Pemilu 2024,” ungkap Kapolri di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (9/2/23).

Menurut Kapolri, di sisi lain pihaknya juga terus mempersiapkan infrastruktur Polri di wilayah tersebut. Pasalnya, belum ada pembagian kantor kepolisian di Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

“Provinsi baru tentunya juga bagaimana kesiapan satuan kepolisian untuk juga mengiringi karena memang kita juga harus mengembangkan sesuai dengan perkembangan otonomi daerah, ya dengan membentuk struktur baru di sana. Ini sedang kita rancang,” jelas Kapolri.

TNI dan Polri memastikan, kondusifitas jelang Pemilu 2024 terjaga demi pesta rakyat yang berjalan lancar. Selain itu, berbagai kerawanan di tahun politik terus diantisipasi demi tidak adanya dampak berkepanjangan usai kontestasi politik 2024. (Lucas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *