Kodim 0612/Tasikmalaya Adakan Perlombaan Ketangkasan Ksatria Muda Siliwangi, Azka Jovita SA: Cinta Tanah Air Pelajar, Berbakti Kepada Negeri

Kota Tasikmalaya – Kodim 0612/Tasikmalaya mengadakan Perlombaan Ketangkasan Ksatria Muda Siliwangi (Perkasa) dengan kepanitiaan dalam perlombaan ini dipercayakan kepada Saka Wirakartika yang merupakan Satuan Karya Pramuka di bawah naungan TNI AD, dimana perlombaan ini khusus untuk para pelajar SMA/SMK sederajat dengan cakupan lomba tingkat se-Jawa Barat. Hal itu disampaikan Azka Jovita SA selaku Ketua Panitia Perlombaan Ketangkasan Ksatria Muda Siliwangi kepada wartawan, Sabtu (11/2/2023).

“Tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi pelajar se-Jawa Barat. Sesuai motto kami mengadakan perlombaan ini untuk menunjukan Cinta Tanah Air Pelajar yang mengambil tema Dharma Bakti Untuk Negeri yakni perbuatan untuk Berbakti Kepada Negeri,” ucapnya.

Azka Jovita SA mahasiswa Universitas Siliwangi Tasikmalaya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Semester II ini menuturkan, berbakti kepada negeri salah satunya mengadakan kegiatan ini yang bisa mempererat tali silaturahmi antar pelajar sebangsa dan senegara di tingkat Jawa Barat ini. Kegiatan ini juga tidak lanjut dari kegiatan tahun 2019 yang lalu yakni Lomba Perkemahan Pramuka Penegak yang seharusnya diadakan di 2020 dan 2021. Namun ada kendala Covid-19 ditiadakan, dan kegiatan sekarang ini menjadi titik balik kegiatan tersebut.

“Diharapkan ke depannya untuk kegiatan ini bisa diselenggarakan terus menerus agar piala bergilirnya bisa ter-estafet,” terangnya.

Disebutkan Azka, Perlombaan Ketangkasan Ksatria Muda Siliwangi ini melombakan dua perlombaan antara lain Lomba Ketangkasan Baris Berbaris dan Lomba Pionering yang diikuti 27 sekolah dari Kota/Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Di tempat yang sama, Dandim 0612 Tasikmalaya Letkol Inf. Raden Henra Sukmadjidibrata dalam sambutannya mengatakan, diadakannya lomba ini bertujuan tidak hanya sekedar ajang tentang unjuk kebolehan prestasi masing-masing sekolah. Namun lebih bertujuan sebagai salah satu wadah untuk siswa-siswi SMA/SMK untuk menunjukan kreativitas dan prestasi yang dimilikinya.

“Kita berharap lomba ini juga dapat digunakan sebagai salah satu tameng agar para pemudanya tidak lagi terjerumus ke dalam kenakalan remaja yang semakin lama semakin meprihatinkan. Di samping itu agar generasi muda akan lebih menghabiskan sebagian waktunya dengan kegiatan-kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan positif,” jelas Dandim 0612 ini.

Lanjut Dandim, kepada seluruh yang nantinya akan melaksanakan rangkaian lomba ini diharapkan mampu bertindak positif, sehingga pada akhirnya lomba ini akan berlangsung dengan lancar.

“Terima kasih banyak saya ucapkan kepada panitia yang telah bersedia mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran sehingga acara lomba ini dapat terlaksana dengan megahnya,” tandasnya. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *