Wabup Tegaskan Komitmen Pemkab Sukabumi Atasi Masalah Stunting

Sukabumi – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menegaskan bahwa Pemkab berkomitmen penuh untuk mengatasi masalah stunting di Kabupaten Sukabumi. Maka dengan itu pada bulan Februari 2023 ini Pemkab tengah gencar melakukan pendataan balita melalui bulan penimbangan balita, dengan sample 200 ribu balita yang ada di Kabupaten Sukabumi.

Hal itu disampaikan Wabup Iyos saat rapat kerja Palabuhanratu Gerebeg Stunting (Genting) di Aula Sekretariat Daerah, Kamis (9/2/2023).

Wabup Iyos menjelaskan, berdasarkan bulan penimbangan balita di Kabupaten Sukabumi di angka 5,3 persen, yang mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK) dan anemia pada ibu hamil sebanyak 2.800 orang. Adapun hasil dari Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) menyatakan balita yang mengalami stunting di angka 24 persen atau sekitar 80 ribu.

“Di bulan Februari ini kita akan deteksi sesuai dengan inovasi kita Gerakan Aksi Deteksi Serta Intervensi Stunting (Gadis) Sukabumi selama satu bulan ini kita akan melakukan pendataan berapa rillnya dari 200 ribu balita tersebut yang terkena stunting,” terangnya.

“Hasil survei yang akan didapat dalam satu bulan tersebut akan menjadi acuan Pemkab melakukan intervensi pada sasaran yang sesuai dengan nama dan alamat (by name by address),” pungkas Wabup. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *