Pemutakhiran Data Diri WBP, Lapas Samarinda Gandeng Disdukcapil Kota Samarinda Lakukan Scan Biometrik Data NIK

Samarinda- Hari ini Jumat (17/2), Lapas Kelas IIA Samarinda Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur terima kunjungan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Samarinda.

Kedatangan rombongan Disdukcapil disambut baik oleh Kepala Seksi Binadik Pariadi dan jajaran.

Maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut guna tindak lanjut koordinasi terkait permohonan rekam data kependudukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Samarinda dengan Disdukcapil Samarinda.

Kepala Subseksi Registrasi, Agus Riyanto membenarkan adanya kegiatan tersebut. Dirinya menyampaikan bahwa Lapas Samarinda bekerja sama dengan Disdukcapil Samarinda terkait perekaman data kependudukan WBP.

“Koordinasi terkait perekaman data Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga binaan, kami laksanakan berdasarkan Surat Dirjen Pas Nomor PAS-UM.01.01-01 tanggal 17 Januari Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih Untuk Pemilu 2024 di Lapas/Rutan.”terangnya.

“Apabila nantinya kita temui terdapat data salah satu WBP yang tidak valid maupun kosong pada System Database Pemasyarakatan (SDP), akan dilakukan perekaman ulang data NIK WBP melalui foto iris mata.”imbuhnya.(Charles)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *