Suzuki Kenalkan Generasi Terbaru Grand Vitara di IIMS 2023

Memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengenalkan generasi terbaru Suzuki Grand Vitara yang nantinya akan bertarung pada segmen Medium SUV di pasar otomotif Tanah Air.

Berbekal teknologi pintar Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), Grand Vitara menjadi mobil dengan teknologi elektrifikasi di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV). Acara perkenalan Suzuki Grand Vitara digelar di Booth Suzuki IIMS 2023 yang berlokasi di Hall A2, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Mengusung tagline ‘Gear to Dominate, Excellence Escalated’, Grand Vitara akan membawa pengalaman baru yang lebih tinggi untuk eksplorasi gaya hidup modern.

Sales Marketing Director SIS Matsushita Ryohei menyampaikan bahwa kembalinya Grand Vitara mengaspal di Indonesia merupakan sebuah wujud komitmen kuat dari Suzuki dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia akan SUV pintar dengan kualitas terbaik dilengkapi kemajuan teknologi.

“Saat ini, ada pergerakan tren dan kebutuhan di industri otomotif dengan mendominasinya SUV di Indonesia. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga terus meningkat. Dengan studi komprehensif dan mendalam, kami berinovasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan menghadirkan kembali salah satu SUV bersejarah milik Suzuki yaitu Suzuki Grand Vitara yang menawarkan SUV premium yang dilengkapi dengan fitur terbaru yang canggih serta teknologi elektrifikasi sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih efisien,” papar Matsushita Ryohei di sela-sela sambutannya saat acara perkenalan.

Suzuki Grand Vitara terlahir sebagai perkembangan passion Suzuki Global akan desain, teknik, dan mesin di dunia otomotif. Sebagai city cruiser yang modern, Grand Vitara hadir dengan sentuhan desain eksterior yang elegan, tangguh serta sporty yang dapat memperkuat penampilan dan gaya hidup keseharian penggunanya.

Kelengkapan fitur dan kenyamanan yang terdapat pada Grand Vitara memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar masa kini. Ditambah dengan mesin yang ramah lingkungan dan memberikan efisiensi optimal. Perpaduan tersebut memberikan impresi positif dan membuat Grand Vitara menyenangkan untuk dikendarai.

 

Dimensi kompak dengan desain yang sporty

Grand Vitara memiliki dimensi panjang 4.345mm, lebar 1.795mm, dan tinggi 1.645mm, sehingga memberikan tampilan kompak namun gagah. Kelincahannya juga didukung oleh wheelbase 2.600mm.

Secara desain, Grand Vitara memberikan tampilan yang agresif namun berkelas, serta lekuk tubuh yang kokoh dan menonjolkan maskulinitas.

 

Kecanggihan mesin yang ramah lingkungan

Sebagai city cruiser masa kini, Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien. Hal tersebut ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan secara menyenangkan melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

 

Stabil dan nyaman untuk perjalanan

Sosok maskulinitas Grand Vitara terlihat dari ground clearance setinggi 210mm yang dapat memberikan ketenangan dan kestabilan saat melewati beragam medan jalan yang kurang baik.

Sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring dan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam memberikan peredaman perjalanan yang nyaman serta membuat kenikmatan berkendara serasa lebih ‘hidup’.

 

Keselamatan dan keamanan untuk ketenangan berkendara

Perkembangan perangkat keselamatan juga terdapat pada Grand Vitara, seperti 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

Selain itu, Grand Vitara juga dilengkapi dengan 360 camerarear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil dan melanjutkan manuver yang aman. Kehadiran fitur Hill Hold Control juga memberikan rasa aman saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak.

 

Kelengkapan fitur yang menyenangkan

Identitasnya sebagai SUV modern ditandai dengan berbagai kelengkapan menarik, seperti panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging.

Berkendara dengan Grand Vitara juga semakin menyenangkan berkat head unit touchscreen 9 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Berbagai kelengkapan fitur yang terdapat pada Grand Vitara menambah pengalaman berkendara yang lebih advanced.

Berbekal eksklusivitas dan keistimewaannya, Grand Vitara diyakini sebagai city cruiser yang dapat meningkatkan ekslusifitas dan gengsi penggunanya. Grand Vitara hadir dengan dua varian yaitu GX dan GL.

Pada varian GX tersedia empat pilihan warna, yakni Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Celestial Blue, dan Pearl Midnight Black. Sedangkan pada varian GL tersedia tiga pilihan warna; Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey, dan Pearl Midnight Black. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *