Tim Satops Patnal Pemasyarakatan dan Jajaran Pengamanan Lapas Kelas IIA Samarinda Gelar Razia Kamar Hunian WBP

Samarinda- Hari ini, Kamis, 23 Februari 2023, Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL) Pemasyarakatan dan Jajaran Pengamanan Lapas Kelas IIA Samarinda menggelar razia dan penggeledahan blok kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Razia dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIA Samarinda, Hudi Ismono dengan koordinator Lapangan adalah Kepala Satuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP), Sukardi bersama Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Keamanan dan Tata Tetrtib (Adm Kamtib).
Dalam razia yang dimulai pada pukul 20.00 wita itu hadir pula sejumlah pejabat struktural Lapas lainnya yakni Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU), Abdul Wahid ; Kasi Kegiatan Kerja, Baliono ; Kasubsi Keamanan, Elpasha Braniswara ; Kasubsi Peltatib, Endi Sri Prabowo ; Kasubsi Bimbingan Kerja dan Pengolahan Hasil Kerja, Juwansyah ; Kasubsi Bimaswat, Ali Ynus, Kasubsi Registrasi, Agus Riyanto ; Kasubsi Sarana Kerja, Misriansyah.

Kalapas Kelas IIA Samarinda menyampaikan bahwa pelaksanaan razia yang dilakukan oleh Tim Satops Patnal Pemasyarakatan merupakan upaya deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban dilingkungan Lapas Kelas IIA Samarinda.
“Malam ini kami melaksanakan razia dan penggeledahan kamar hunian WBP bersama Tim Satops Patnal Pemasyarakatan dan Jajaran Pengamanan Lapas, dalam rangka melakukan upaya deteksi dini terhadap adanya potensi gangguan keamanan dan tata tertib dilingkungan Lapas Kelas IIA Samarinda.” Ungkap Kalapas pada media ini usai pelaksanaan razia.

Lebih lanjut Kalapas yang akrab disapa Hudi itu menjelaskan, selain deteksi dini, razia juga dimaksudkan untuk memberantas semua jenis barang larangan yang ada didalam Lapas.

“Jadi razia ini juga dimaksudkan untuk membersihkan Lapas dari barang-barang larangan, dan kami tidak akan mentoleransi pelanggaran disiplin sekecil apapun, jadi siapapun yang berani coba-coba memasukkan barang larangan kami pastikan akan mendapatkan hukuman disiplin sesuai ketentuan yang berlaku didalam Lembaga Pemasyarakatan.” Lanjutnya.
Terakhir ia menyampaikan kepada para petugas dan WBP agar tetap menjaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan Lapas, agar tercipta suasana yang nyaman dan harmonis.

“Saya berharap kepada semua petugas dan WBP agar secara bersama-sama membangun sinergi positif untuk menciptakan suasana yang kondusif, suasana yang nyaman dan harmoni, agar proses pembinaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.” Tutup Kalapas.
Sementara itu, Ka. KPLP, Sukardi menyampaikan bahwa dari razia yang dilaksanakan telah ditemukan sejumlah barang larangan.

“Dari razia yang dilaksanakan kurang lebih 1 jam, ada dua kamar hunian yang kami razia dan petugas berhasil menemukan sejumlah barang larangan dan barang-barang tidak terpakai. Barang-barang tersebut sesuai dengan instruksi pimpinan akan langsung dimusnahkan.” Jelasnya.
Kasi Adm Kamtib, Joni W Siagian, mengaminkan pernyataan koleganya itu.
“Seperti yang tadi disampaikan Bapak Kalapas dan Ka. KPLP bahwa kita melaksanakan razia kamar hunian WBP, Selaku Kasi Kamtib kami melakukan menginventarisir hasil temuan razia, dan kemudian kami laporkan kepada pimpinan, selanjutnya dibuatkan berita acara pemusnahan semua hasil temuan razia tersebut.” Terang Joni.(red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *