Gibran Dianggap Menginspirasi Kalangan Milenial Terjun ke Politik

Jakarta Politisi PDIP Aria Bima menyebut Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menginspirasi anak muda atau kalangan milenial terjun ke dunia politik. Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR itu, kalangan milenial yang mengambil pilihan untuk terjun ke dunia politik harus menjadi tren.

“Saya melihat ini kan tipe kalangan milenial yang mengambil pilihan untuk terjun ke dunia politik, ini harus menjadi tren ya,” ucap Aria Bima seusai kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Solo, Minggu (26/2/2023).

Menurut Aria Bima, Gibran tidak hanya dilihat sebagai sosok milenial dari PDIP tetapi keberhasilannya masuk ke dunia politik, termasuk Kaesang Pangarep yang merupakan adik Gibran, bisa memberikan inspirasi untuk kalangan milenial lainnya.

“Karena di era Indonesia emas tahun 2030 sangat ditentukan sejauh mana kalangan politisi ini mampu berperan di dalam mewujudkan hal-hal yang menyangkut substansi tidak hanya demokrasi yang elektoral tetapi demokrasi yang substansial,” ujar dia.

Aria Bima menilai upaya tersebut untuk mengurangi persepsi buruk dari kalangan milenial terhadap dunia politik. “Bahkan tingkat kepercayaan publik kepada kalangan politisi terutama yang di legislatif itu sampai pada titik nadir, hanya nomor dua dari bawah,” katanya.

Sementara itu, ia melihat banyak tokoh nasional datang ke Solo, termasuk politisi lintas partai untuk bertemu dengan Gibran merupakan nilai positif. “Itu akan mampu mengoptimalkan tingkat kompetensi profesionalitas dia. Sangat bagus kalau dia diberi peran politik,” ucap dia.

Aria Bima sendiri yang awalnya merasa ragu dengan Gibran beralih menjadi optimistis setelah melihat langkah politiknya tersebut saat direkomendasikan sebagai calon Wali Kota Surakarta.

“Setelah direkomendasikan partai dan cara kampanyenya pun sudah smart (cerdas), sudah wise (bijaksana) gitu ya. Lebih menunjukkan keinginannya untuk menjadi seorang wali kota. Itu saya melihat ada sesuatu yang cukup berbeda,” katanya.

Ia berharap ke depan semakin banyak politisi muda dengan tetap membawa gaya khas anak muda.

:Saya berharap akan muncul tokoh-tokoh lain. Silakan anak politisi yang sudah berhasil tapi cara me-leverage (meningkatkan kemampuan) posisinya itu harus khas original anak-anak milenial,” ujar Aria Bima. (Lucas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *