Lagi, Jajaran Pengamanan Lapas Kelas IIA Samarinda Lakukan Deteksi Dini Gangguan Kamtib Dengan Menggelar Razia dan Penggeledahan Kamar Hunian WBP

Samarinda – Jajaran Pengamanan Lapas Kelas IIA Samarinda kembali melaksanakan razia dan penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dalam razia ini petugas kamar hunian WBP yakni kamar yang digunakan untuk straft Sel (Kamar Hunian Belatuk), Dalam kegiatan itu para petugas pengamanan Lapas menertibkan sejumlah barang barang yang tidak terpakai.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP), Sukardi dan Joni Wasinton Siagian selaku Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib dimulai pada pukul 15.00 wita.

“Benar hari ini kami kembali melaksanakan razia dan penggeledahan kamar hunian WBP, dalam rangka deteksi dini gangguan kamtib, ini sesuai dengan arahan pimpinan yakni bapak Kalapas kepada kami untuk menciptakan kondisi yang aman, tertib dan kondusif, yang mana secara umum program tersebut kami sebut Gerakan Cipta Kondisi Terpadu Pengamanan Lapas Samarinda (GERAK CINTA L’SAMDA).” Ungkap Sukardi pada , Selasa, 28/02/2023.

Senada dengan koleganya (Ka. KPLP), Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib, Joni Wasinton Siagian. Menuturkan, Kegiatan Gerak Cinta L’Samda tersebut dilakukan secara rutin dan berkala guna memastikan bahwa kondisi Lapas Kelas IIA Samarinda Aman, Nyaman, Tertib dan Kondusif.

“Seperti yang disampaikan pak Ka. KPLP, bahwa kami jajaran pengamanan Lapas Kelas IIA Samarinda hari ini melaksanakan razia dan penggeledahan kamar hunian WBP, kegiatan ini tentunya bertujuan untuk memastikan keadaan Lapas Kelas IIA Samarinda benar-benar Aman, Nyaman, Tertib dan Kondusif, sebagaimana instruksi bapak Kalapas dan juga tentu ini menjadi harapan kita semua.” Terang Joni (sapaan akrab).

Sementara, Kalapas Kelas IIA Samarinda, Hudi Ismono ketika dikonfirmasi terkait kegiatan yang dilaksanakan bawahannya menyampaikan, bahwa ia memang menginstruksikan bawahannya tersebut untuk terus melakukan upaya pencegahan sedini mungkin terkait dengan keamanan dan ketertiban. Menurutnya, keamanan Lapas adalah hal utama, agar pelaksanaan kegiatan lainnya dapat terlaksana dengan baik.

“Benar, razia dan penggeledahan itu adalah agenda rutin kami di Lapas, dan saya menginstruksikan kepada jajaran pengamanan agar program Gerak Cinta L’Samda itu terus diwujudkan, karena keamanan dan ketertiban adalah kunci utama keberhasilan kegiatan lain seperti pembinaan dan pelayanan baik kepada WBP maupun kepada masyarakat. Tentu kami tidak hanya sekedar menginginkan keamanan dan ketertiban semata, tetapi juga kenyamanan bagi semua, yakni petugas WBP dan masyarakat, itulah alasan dari program ini kami beri nama Gerak Cinta L’Samda, karena dengan program ini semua hal dilakukan dengan pendekatan Humanis.” Tutur Kalapas singkat.

Pelaksanaan razia dan penggeledahan baru selesai dlaksanakan pada pukul 16.00 wita dan semua barang-barang larangan dan tidak terpakai kemudian dimusnahkan. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *