Letkol Charles Alling Resmi Pimpin Pasukan Elit Sat 81 Kopassus

Jakarta – Pasukan elit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD merotasi sejumalah pejabat utamanya. Satu diantaranya adalah Komandan Satuan (Dansat) 81 Kopassus. Pejabat Dansat 81 Kopassus diserahterimakan dari Kolonel Inf Nasrul Faturrahman kepada Letkol Inf Charles Alling, S.E., M.MDS dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M. bertempat di Lapangan Tembak Ksatria Makopassus, Cijantung Jakarta Timur. Sabtu (25/2/2023).

Letkol Inf Charles Alling merupakan lulusan Akmil 2001 yang dibesarkan di korps baret merah. Sudah banyak prestasi yang diukir baik di tubuh Kopassus sendiri maupun di level TNI AD. Sebagian besar tugasnya dihabiskan di medan operasi. Letkol Alling terlibat dalam lima tugas operasi dalam negeri, diantaranya yang prestisius adalah operasi pembebasan sandera di Tembaga Pura dan operasi Nemangkawi. Sedangkan untuk tugas operasi ke luar negeri pernah tergabung dalam Pasukan perdamaian PBB _(UNIFIL)_ di Libanon.

Sebagai Dansat 81 Kopassus yang baru, Letkol Inf Charles Alling berkomitmen untuk lebih memajukan lagi Satuan 81 Kopassus. “Jabatan ini adalah suatu amanah, sekaligus kepercayaan pimpinan yang harus saya respons dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. Saya akan totalitas dalam bekerja, khususnya bagaimana mewujudkan Satuan 81 Kopassus sebagai satuan yang profesional, militan, cerdas, dan adaptif dalam mendukung Tugas Pokok Kopassus,” ucap Dansat termuda di TNI AD.

Prestasi yang tidak kalah menterengnya bahwa Letkol Inf Charles Alling pernah dinobatkan sebagai Dandim terbaik Tahun 2021 sekaligus pemenang lomba pembinaan satuan 2021, juara lomba karya tulis TNI empat tahun berturut-turut dari Tahun 2018-2021. Dan puncaknya menerima pisau komando perak, yang mana itu merupakan penghargaan tertinggi bagi prajurit Kopassus.

Demikianpun dengan prestasi akademiknya tidak bias dipandang sebelah mata. Setelah lulus dari Akmil, Letkol Inf Charles Alling beberapa kali mendapat kesempatan untuk menempuh serangkaian pendidikan di luar negeri, di antaranya mengambil program master di _Australia National University (ANU)_ dan Sesko di Australia serta beberapa seminar khusus Anti Teror dan _Special Force_ di Jerman, Perancis, Australia, Filipina, Malaysia, UAE, dan Turki.

Dengan latar belakang akademik dan pengalaman tempur yang dimiliki, Letkol Inf Alling terpilih sebagai salah satu dari 13 perwira muda TNI AD yang terlibat dan ditunjuk langsung oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk menunjang kesuksesan pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Adapun empat jabatan strategis Kopassus lainnya yang diserahterimakan adalah jabatan Dangrup 3 Kopassus, Asintel Kopassus, Aspers Kopassus dan Asren Kopassus. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *