Peduli Pendidikan, PTAR Bangun Aula Pertemuan SMAN 1 Batangtoru

Tapsel – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Sumatera Utara, H. Sakti S.Pd, M.Pd, meresmikan pemakaian aula pertemuan SMAN 1 Batangtoru, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (6/3/2023).

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita yang dirangkai dengan serah terima bangunan dari PT Agincourt Resources (PTAR), sebagai penyedia dan pelaksana pembangunan, kepada Dinas Pendidikan Sumatera Utara, yang diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provsu.

Dalam sambutannya, General Manager Operations PT Agincourt Resources, Rahmat Lubis, mengatakan, pembangunan aula terbuka SMAN 1 Batangtoru, dilaksanakan berdasarkan permohonan dari pihak sekolah, untuk pemenuhan fasilitas belajar dan kegiatan estrakurikuler.

Proses pembangunan dilaksanakan melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Dikerjakan oleh kontraktor lokal yang diseleksi melalui proses tender, sesuai kebijakan internal PTAR. Luas bangunan 160 meter pesergi dengan nilai total pembangunan sebesar Rp732.400.000.
“PTAR memiliki kepedulian yang kuat dalam bidang pendidikan, sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Induk Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (RIPPM),” kata Rahmat Lubis.

Dipaparkannya, berbagai program telah dan akan terus dilakukan PTAR, untuk meningkatkan kualitas SDM serta sarana pendukung pembelajaran, baik pendidikan formal maupun informal. Itulah sebabnya, PTAR merealisasikan permohonan pihak SMAN 1 Batangtoru, membangun fasilitas sarana pendukung pendidikan yang layak dan aman.

“Nantinya penggunaan aula terbuka SMAN 1 Batangtoru ini akan dikelola dan diawasi pihak sekolah. Kebutuhannya untuk menunjang proses pembelajaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XI Provinsi Sumatera Utara, H. Sakti S.Pd, M.Pd, dalam arahannya meminta agar pihak sekolah menjaga dan melestarikan bangunan, sekaligus menjadi wahana peningkatan mutu pendidikan di SMAN 1 Batangtoru.

“Kalau hanya sebagai tempat duduk saja untuk apa. Tugas kita adalah bagaimana agar bangunan ini bisa menjadi penunjang peningkatan mutu pendidikan,” harap Sakti

Sakti juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PTAR yang telah berkenan membangun aula pertemuan terbuka di SMAN 1 Batangtoru. Putra kelahiran Portibi, Padang Lawas Utara ini berharap, kolaborasi antara Dinas Pendidikan Provsu dengan PTAR dapat terus berlanjut, dalam mengembangkan pendidikan yang lebih maju dan bermartabat.

“Hidup adalah untuk bekerja dan berbuat baik. Semoga ini menjadi amal bakti buat kita semua,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala SMAN 1 Batangtoru, Muhammad Zuhdi Pulungan SH, M.Pd, memaparkan, sekolah yang dipimpinnya ada sejak tahun 1983. Saat ini jumlah siswa sebanyak 651, dengan tenaga pendidik 35 orang.

Zuhdi mengaku jika sekolah yang dipimpinnya masih banyak kekurangan, baik dalam bidang sarana prasarana, maupun sarana pendukung lainnya. Oleh karena itu, ia berharap pihak PTAR dapat selalu memberikan dukungan maupun motivasi, agar SMAN 1 Batangtoru lebih baik ke depannya.

“Terima kasih kepada PTAR yang telah berkenan membangun gedung aula pertemuan di SMAN 1 Batangtoru. Kami berharap ke depannya tetap memberikan dukungan, saran dan motivasi,” sebutnya. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *