“LPK L’Samda” Resmi Berdiri di Lapas Kelas IIA Samarinda

Samarinda – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Samarinda mulai hari ini, Senin (06/03) sudah mempunyai Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) sendiri yang mana hasil dari kerjasama Lapas dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Samarinda. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur mengenai pengajuan tanda daftar bengkel kerja lapas menjadi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

Hal ini menindaklanjuti Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor: M.HH-03.PR.01.03 Tahun 2022 tentang Target Kinerja Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI poin 32 mengenai Koordinasi dengan Kanwil terkait pembentukan tanda daftar bengkel kerja Lapas menjadi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), kegiatan tersebut dilaksanakan.

Sinergitas antar instansi menjadi kunci penting dalam keberhasilan meraih hasil kinerja yang optimal. Kementerian yang dipimpin oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly ini berkomitmen memberikan pembinaan terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan.

“Guna peningkatan kualitas pembinaan warga binaan, Lapas Samarinda bekerja sama dengan Disnaker Kota Samarinda membangun Lembaga Pelatihan Kerja yang bersertifikat. Yang mana sebelumnya Lapas Samarinda memiliki Bengkel kerja lapas, yang tepat pada hari berubah menjadi Lembaga Pelatihan Kerja yang kita namai LPK L’Samda ,” jelas Kalapas Samarinda, Hudi.

Terbentuknya LPK L’Samda ini setelah menempuh beberapa proses tahapan seperti pemenuhan syarat adminsitrasi dokumen, kelayakan sarana dan prasarana latihan kerja di Lapas sudah disurvei langsung oleh Disnaker dan memenuhi standar kriteria pembentukan LPK. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *