Mendagri Singgung Kebiasaan Pemda Gelar Rapat di Hotel Boroskan Anggaran

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut rapat anggaran di hotel maupun di luar kota seperti yang sering dilakukan pemerintah daerah kerap menghabiskan anggaran. Padahal, kegiatan ini sebenarnya bisa dilakukan di kantor.

“Banyak sekali daerah-daerah yang melakukan kegiatan di luar, rapat di luar, di hotel segala macam apalagi di luar kota,” kata Tito di acara Penandatangan Komitmen Pelaksanaan Aksi Pencegahan Korupsi 2023-2024 di kantor Bappenas, Kamis (9/3/2023).

Tito menyinggung kejadian ini terjadi agar tunjangan perjalanan dinas bisa keluar. Sedangkan, jika dikerjakan di kantor mereka tak akan mendapatkan uang tunjangan tersebut.

“Tapi uangnya bisa digunakan untuk yang lain, termasuk untuk kesejahteraan anggota, personel,” tegasnya.

Meski rapat di luar itu kerap memboroskan anggaran tapi hal ini tidak bisa disalahkan. Karena tak ada aturan yang dilanggar dalam kegiatan itu.

Karenanya Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) diingatkan Tito untuk bergerak untuk mencegah pemborosan tersebut.

“Aparat penegak hukum tidak akan bisa masuk di sini,” tegasnya.

Enggak akan bisa karena enggak ada yang salah dengan aturannya. Tapi APIP bisa masuk (menyatakan, red) ini pemborosan. Sebetulnya bisa dikerjakan di dalam gedung, di kantor,” pungkas Tito. (Lucas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *