Agar Miliki Daya Saing, Kemenaker Tingkatkan Kompetensi TKM

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyampaikan pemerintah terus memfasilitasi peningkatan kompetensi para Tenaga Kerja Mandiri (TKM) agar memiliki daya saing serta mampu menjadi penyedia lapangan kerja secara berkelanjutan.

“Kita semua diharapkan mampu menciptakan ekosistem kewirausahaan yang baik. Ini tanggung jawab yang membutuhkan keterlibatan semua pihak, dan yakinlah kontribusi kecil kita ini akan memberikan dampak luar biasa bagi pengembangan TKM,” ujar Menaker Ida, Minggu (12/3/2023).

Menaker mengemukakan pihaknya terus melakukan dialog sosial dengan pengusaha agar ketersediaan lowongan kerja di sektor formal tetap stabil dan inklusif.

Sedangkan pada sektor informal, lanjut dia, Kemnaker telah melakukan langkah dalam bentuk stimulan pemberian bantuan usaha, salah satunya adalah bantuan bagi kelompok TKM, termasuk usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

“Saya tidak memungkiri bahwa sektor UMKM bukan hanya sektor penahan bagi perekonomian nasional, justru menjadi pilar penting dalam pemulihan ekonomi Indonesia melewati krisis,” tuturnya.

Ida menambahkan dalam menciptakan wirausaha yang dapat menyerap tenaga kerja secara masif, produktif dan berkelanjutan, program TKM tentunya perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak.

“Kita semua memiliki peran penting dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia melalui penciptaan usaha yang memberikan kontribusi ekonomi bagi diri sendiri, masyarakat, bahkan skala nasional,” kata Menaker Ida. (Lucas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *