Banjir Rendam Permukiman dan Sekolah di Bangka Tengah

Bangka Tengah – Banjir merendam rumah warga dan satu sekolah di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Tengah Yudi Sabara mengatakan banjir terjadi pada beberapa titik dan merendam permukiman warga dan fasilitas publik akibat tingginya curah hujan pada Minggu (12/3/2023) malam.

“Berdasarkan laporan anggota kami di lapangan, titik banjir terdapat di kawasan Jongkong dan Simpang Perlang, yang merendam sejumlah rumah penduduk dan satu Sekolah Dasar (SD),” ujarnya, Senin (13/3/2023).

Untuk sementara terdata 10 rumah dan satu SDN 15 Koba yang terendam banjir sekitar 30-40 cm.

“Banjir juga dipicu meluapnya Sungai Coyan di Koba, sehingga air mengenangi badan jalan dan menyulitkan pengguna jalan untuk melintas,” ujarnya.

Saat ini tim tanggap darurat masih berada di lapangan melakukan pendataan dan siaga terhadap warga yang membutuhkan bantuan.

“Saya minta petugas di lapangan bergerak cepat dan tepat, jangan sampai warga terlantar dan mengalami kesulitan akibat banjir,” katanya.

Namun hingga malam ini, kata dia, debit air sudah berangsur surut dan warga yang rumahnya terdampak banjir tidak sampai mengungsi.

“Warga terkena banjir tetap bertahan di dalam rumah karena kondisi air masih terkendali, hanya merendam dan menggenangi hingga lutut orang dewasa,” kata Yudi. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *