Aster Panglima TNI: Insan Teritorial Berperan Bantu Pemerintah Melalui Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi

Jakarta – Insan teritorial TNI dituntut untuk terus mengukuhkan niat dan memperkuat komitmen dan integritas, serta mengoptimalkan segenap potensi dan kinerja seluruh prajurit Satkowil  dan Satnonkowil TNI untuk terus menerus berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam mendukung pembangunan nasional melalui penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi.

Hal tersebut disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayjen TNI Mochamad  Syafei Kasno, S.H. saat memberikan sambutan pada acara Komsos TNI dengan Komunitas Teritorial TNI TA 2023 yang diikuti oleh para pejabat dan komunitas teritorial secara tatap muka dan virtual, bertempat di Aula Soedirman Makodam Jaya/Jayakarta Jl. Mayjen Sutoyo No. 5, Jakarta Timur, Selasa (14/3/2023).

Aster Panglima TNI mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Komsos TNI dengan komunitas teritorial ini, diharapkan tidak hanya sekedar menjadi kegiatan rutinitas saja, melainkan dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi dengan komunitas teritorial guna terjalin sinergitas dalam mewujudkan kondisi juang yang tangguh dan juga dapat memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan bangsa yang terjadi saat ini.

Lebih lanjut Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno menyampaikan bahwa  kesempatan yang baik ini dapat juga digunakan oleh para Komunitas Teritorial TNI untuk memberikan masukan yang kontributif kepada staf teritorial TNI. “Sebagai bahan masukan dan pertimbangan kepada pimpinan TNI dalam mengambil kebijakan- kebijakan yang tepat di bidang teritorial,” ujar Aster Panglima TNI.

Di akhiri sambutannya, Aster Panglima TNI memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani oleh para komunitas teritorial dalam pelaksanaan tugas yaitu laksanakan kegiatan sesuai sasaran program kerja dan anggaran TA 2023.Selain iti, juga harus direncanakan, disiapkan dan selenggarakan kegiatan Binter TNI TA 2023 dengan baik, sehingga dapat membantu menangani masalah sosial dan kemanusiaan di wilayah.

“Laksanakan penggunaan dan pertanggung jawaban keuangan (Wabku) sesuai ketentuan, laksanakan koordinasi dan interoperabilitas Badan Pembinaan (Babin) Tri Matra guna mewujudkan kegiatan teritorial terpadu serta jalin sinergitas dengan pemerintah dalam rangka mendukung program pembangunan nasional dan pahami tahapan pemilu serentak tahun 2024 dan jaga netralitas TNI,” tegas Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Sebagai narasumber pada kegiatan komsos TNI dengan Komunitas Teritorial kali ini yaitu Dandim 0502/Jakarta Utara Kolonel Inf  Frega F. Wenas I, MIR, MMAS., Ph.D., FHEA dengan materi Peran Babinsa dalam Memberdayakan Ekonomi Kerakyatan di Wilayah Binaan, Toro Sudarmadi Ketua Umum Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta (HIPWI) FKPPI (Pemanfaatan E-Katalog dalam Mendukung Program Penguatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Pengendalian Inflansi), Kurleni Ukar, M.Sc Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi Dan Regulasi  Kemenparekraf (Strategi Kebijakan Kemenparekraf Dalam Memberdayakan Masyarakat Bidang Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif) dan Narasumber yang terakhir Sonny Eko Hendarto Manajer Sentra UMKM Bank BJB (Peran Serta Bank BJB Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Pendampingan UMKM).

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Waaster Panglima TNI Laksma TNI H. Yudho Warsono, S.E., M.M., Waaster Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI Brigjen TNI Yudianto Putra Jaya, S.E., M.M., Waaspotdirga Kasau Marsma TNI Umar, Aster Kasdam Jaya kolonel Arm  Stefie Jantje N serta para pejabat teritorial lainnya.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *