Koordinasi dengan LPK Cahaya Hati dan LPK Rika Guna Pembinaan Keterampilan dan Keahlian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Samarinda – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia. Lapas bertanggung jawab untuk memberikan pembinaan guna menjadi bekal bagi WBP serta ia dapat membuka usaha sendiri setelah bebas nanti.

Lapas merupakan lembaga yang turut berperan aktif dalam membangun karakter sekaligus meningkatkan kepribadian dan keterampilan narapidana melalui pembinaan dan pelatihan yang mana bertujuan menyiapkan WBP untuk mandiri dan memiliki bekal untuk menghidupi dirinya sendiri serta tidak lagi membebani keluarga dan masyarakat disekitarnya sebagai salah satu tujuan pemasyarakatan. Tujuan lainnya untuk meningkatkan ekonomi WBP tersebut agar ia dapat hidup dan bebas berkarya, serta tidak membebani masyarakat.

Oleh karenanya, Pemasyarakatan memberikan peluang untuk WBP sesuai passion untuk melatih keterampilannya. Pembinaan ini merupakan usaha yang ditujukan bagi terpidana yang melakukan tindak pidana dimana dilaksanakan secara terpadu antara pembina, yang dibina dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas warga binaan pemasyarakatan agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan, dan dapat hidup secara wajar sebagai warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Dalam hal ini Lapas Kelas IIA Samarinda melakukan Koordinasi terkait Pembinaan tersebut dengan LPK PT. Cahaya Hati dan LPK RIKA.

Tindaklanjut dari hal tersebut adalah penandatangan PKS atau Perjanjian Kerja Sama yang akan dilaksanakan nanti pada tanggal 20 Maret 2023 di Lapas Kelas IIA Samarinda. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *