Lomba KKB Tingkat Jabar Tahun 2023, Dilaksanakan di Desa Cibodas Kecamatan Lembang

Bandung Barat – Penyelenggaraan acara kegiatan dimana adanya lomba penguatan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Desa Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/3/2023).

Pelaksanaan kegiatan perlombaan ini dihadiri beberapa pihak di antaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia, PLH Sekertaris Daerah KBB, seluruh Kepala OPD beserta jajaran, Ketua TP-PKK Kabupaten Bandung Barat beserta jajaran, Camat Lembang, TP-PKK Kecamatan Lembang, Kepala Desa Cibodas beserta Staf, Ketua TP-PKK Desa Cibodas beserta anggota, Kepala Desa se-Kecamatan Lembang dan Ketua TP-PKK se-Kecamatan Lembang, Ketua Kampung KB Samawa Ramah Anak serta pengurus, Direktur Bjb Kantor Cabang Padalarang yang diwakili, pihak KPSBU, Ketua RT/RW, serta undangan.

Kegiatan tersebut mendapatkan paparan dari beberapa pihak serta adanya cuplikan selayang pandang dari Bupati Bandung Barat dan Ketua TP-PKK Bandung Barat juga promosi lokasi dan kreatifitas pemberdayaan lingkungan Desa Cibodas.

Dindin Sukaya selaku Kepala Desa Cibodas menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang hadir sekaligus bangga dimana Desa Cibodas di RW 13 kampung KB samawa ramah anak masuk di lomba tingkat provinsi.

“Setelah disimak ini merupakan program yang diupayakan oleh pemerintah dimana setiap wilayah desa berupaya menjalankannya dengan sebaik mungkin karena ini merupakan suatu kegiatan yang telah berjalan dan dikelola atau dilaksanakan oleh warga masyarakat di setiap wilayah,” katanya.

Menurutnya, di acara ini pihaknya memaparkan dari segi kesehatan dan upaya penghindaran stunting dengan segala prosedur yang harus dilakukan dengan adanya pihak ahli hingga pemberian makanan tambahan dan vitamin bagi bayi dan balita termasuk ibu hamil dan menyusui, para petani, peternak, rumah kemasan, pemasaran, hingga adanya ternak cacing yang dikelola para ibu-ibu, BUMDes, termasuk Kampung KB dan beberapa aktifitas lainnya termasuk kerajinan yang menghasilkan dalam pembuatan simping dan pemberdayaan lainnya termasuk pengelolaan kebersihan lingkungan terkait sampah dan tempat observasi penanganan kesehatan hingga tempat rawat inap.

“Kami dari Pemerintahan Desa Cibodas sangat menganjurkan bagi warga masyarakat untuk mempergunakan atau memberdayakan halaman menjadi nilai ekonomi untuk penambah penghasilan baik dari menanam sayuran ataupun ternak cacing dan lainnya,” imbuhnya.

Selain itu, dikatakan juga bahwa pihaknya telah mendapatkan 7 fasilitas kendaraan roda empat dari beberapa pihak sebagai apresiasi kepada mereka yang bisa dipergunakan oleh warga. “Semoga apa yang menjadi upaya kami warga masyarakat bisa memanfaatkan dan bisa mensejahterakan warga terutama bisa mengupayakan bagaimana menghindari stunting,” pungkasnya.

Dudi Supriadi, S.Sos selaku Camat Lembang berharap Kecamatan Lembang bisa juara satu tingkat nasional, dan bukan hanya masalah juara saja akan tetapi kampung KB ini akan berpengaruh terhadap lingkungan masyarakat.

“Karena dengan mensukseskan Kampung KB kita bisa mengupayakan menunjang perekonomian masyarakat dan kami mencoba berupaya untuk mensejahterakan perekonomian masyarakat,” tutupnya. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *