Semakin inovatif, Petugas Lapas Kelas IIA Samarinda Sosialisasikan Peningkatan Layanan Pemasyarakatan Melalui Wartelsuspas

HumasLsamda – Samarinda. Hari ini, Jum’at, 17 Maret 2023 Petugas Lapas Kelas IIA Samarinda melaksanakan sosialisasi peningkatan layanan pemasyarakatan dengan menghadirkan inovasi berupa Warung Telekomunikasi Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas) Lapas Kelas IIA Samarinda.

Sosialisasi terkait program layanan wartelsuspas disampaikan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) oleh Ka. KPLP (Sukardi), Kasi Adm Kamtib (Joni W Siagian), Kaur Umum (Hidayatullah) dan perwakilan dari Koperasi PT. AVA selaku mitra kerjasama dari Lapas Kelas IIA Samarinda.

Dalam sosialisasi tersebut petugas memaparkan bagaimana teknis pelaksanaan dan penggunaan wartelsuspas. Dijelaskan oleh Kasi Adm Kamtib, bahwa pada layanan watelsuspas terdapat dua jenis layanan, yaitu layanan gratis dan layanan berbayar. Dua jenis layanan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dan pilihan kepada para WBP. Lebih lanjut dijelaskan kepada para WBP bahwa layanan gratis yang disediakan Lapas sifatnya terbatas dan penggunaannya dilakukan secara bergiliran sesuai urutan yang nantinya diatur oleh petugas. Sedangkan pada layanan berbayar setiap WBP dapat menggunakannya tanpa harus menunggu giliran.

Yang menarik dari layanan wartelsuspas berbayar adalah, setiap WBP tidak perlu membawa uang tunai untuk membayar. Para WBP cukup melakukan registrasi di Koperasi PT. AVA dan setelahnya para WBP akan mendapatkan kartu elektronik yang dapat diisi ulang. Adapun tarif berbayar pada wartelsuspas dijelaskan oleh perwakilan Koperasi PT. AVA (Surya) sebesar Rp. 500,- (lima ratus rupiah) per menit dengan ketentuan gratis pada 30 menit pertama.

Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada WBP, Ka. KPLP menjelaskan bahwa apabila ada diantara WBP yang ingin menggunakan wartelsuspas tetapi disaat yang bersamaan bukanlah gilirannya, sementara untuk menggunakan layanan berbayar yang bersangkutan tidak punya uang dan terdapat keadaan darurat yang diharus dikonfirmasi kepada pihak keluarga, maka WBP dengan kondisi seperti itu bisa langsung menghubungi petugas untuk mendapatkan layanan gratis dihari tersebut.

Kalapas Kelas IIA Samarinda, Hudi Ismono ketika dikonfirmasi terkait program inovasi layanan dengan menghadirkan wartelsuspas di Lapas Kelas IIA Samarinda menjelaskan, pihaknya ingin benar-benar mewujudkan suatu layanan prima bagi WBP dan masyarakat, dan dengan adanya wartelsuspas tersebut Kalapas berharap agar para WBP dapat menggunakan fasilitas yang ada secara bijak dan tidak menyalahgunakan fasilitas yang ada sehingga dapat dirasakan manfaatnya seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan.

“Jadi kami sejak awal sudah berkomitmen untuk menghadirkan layanan optimal bagi seluruh WBP dan masyarakat, salah satu wujud komitmen itu adalah kami menyediakan fasilitas wartelsuspas agar para WBP dapat terus terhubung dengan keluarga mereka dirumah. Untuk itu saya berharap kepada seluruh WBP agar memanfaatkan fasilitas yang kami sediakan secara bijak dan tidak menyalahgunakannya, karena yang ingin kami hadirkan adalah kemanfaatan bagi semua.” Ungkap Kalapas.

Lebih lanjut Kalapas juga menyampaikan bahwa rencananya peresmian wartelsuspas akan dilakukan bersamaan dengan peresmian ruang perpustakaan pancasila dan akan langsung dihadiri serta diresmikan oleh Walikota Samarinda, Andi Harun pada hari Senin 20 Maret 2023. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *