Seminar Jurnalistik Lintas Perguruan Tinggi Tasikmalaya, Upaya Lahirkan Jurnalis Profesional

Kota Tasikmalaya – Dalam upaya melahirkan Jurnalis Profesional, Himpunan Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) berkolaborasi dengan 3 Perguruan Tinggi mengadakan Seminar Jurnalistik Lintas Perguruan Tinggi (Senalipti) se-Kota/Kab. Tasikmalaya yakni Institut Nahdlatul Ulama (INU), UNIK Cipasung dan IAILM Suryalaya yang dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Fraksi PDIP H. Muslim, S.Sos, M.Si, di Gedung Dakwah Islamiyah Kota Tasikmalaya, Ahad (26/3/2023).

Ilham Saepul R, Ketua Pelaksana Senalipti menyampaikan, terselenggaranya kegiatan ini merupakan hasil kesepakatan dari 3 Kampus tersebut. Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini adalah mahasiswa dari Perguruan Tinggi se-Kota/Kab. Tasikmalaya.

“Jadi, panitia pelaksananya dari 3 perguruan tinggi tadi. Untuk pesertanya kita mengundang semua kampus yang ada di Kota/Kab. Tasikmalaya,” ucapnya kepada wartawan.

Animo pesertanya, lanjut dia, cukup luar biasa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Bahkan kursi yang disediakan panitiapun terisi penuh. Artinya, antusias mahasiswa untuk mengikuti seminar jurnalistik yang dilaksanakan ini sangat luar biasa meresponnya.

“Alhamdulillah, ini sangat luar biasa dan di luar dugaan. Mahasiswa berbagai warna bersatu dalam gedung ini,” tambah Ilham.

Sementara Rektor UNIK Cipasung KH. Dendi Yuda S, M.Ag menuturkan, kegiatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya, karena ini merupakan kegiatan yang langka.

“Untuk kegiatan antar kampus itu harus mempersiapkan energi yang luar biasa. Itu tidak mudah untuk mempersatukan mengadakan event seperti sekarang ini,” terangnya.

Dengan adanya seminar jurnalistik ini dirinya mengapresiasi, karena menurutnya siapa yang menguasai media, dia yang menguasai dunia.

“Ini tentunya sangat penting sekali dan saya mendukung adanya seminar jurnalistik ini,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Rektor INU Tasikmalaya Dr. KH. Pepep Puad Muslim, M.Si, menambahkan, diharapkan kegiatan seminar jurnalistik ini dapat menghasilkan kader jurnalis yang profesional sesuai dengan etika.

“Mahasiswa kedepannya banyak tantangannya. Dengan kebersamaan ini kita mengangkat dan mempersatukan mahasiswa perguruan tinggi menjadi persatuan yang berharga,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Fraksi PDIP yang membuka kegiatan ini menambahkan, seminar jurnalistik ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas skill mahasiswa dalam hal menulis.

“Harapan kami dalam kegiatan ini akan menambah literasi mahasiswa terhadap kaidah jurnalistik,” ujarnya.

Dikatakannya, ini merupakan bentuk kepedulian dari penyelenggara untuk melahirkan generasi muda yang berkualitas, namun dalam koridor jurnalistik. Karena di era globalisasi saat ini, kegiatan yang seperti ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan ini dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa, baik masih menjadi mahasiswa maupun setelah lulus nantinya,” pungkas H. Muslim. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *