Jalan Tol Bakal Dibuat One Way Saat Puncak Arus Mudik

Jakarta – Polri bakal menerapkan sistem jalan satu arah atau one way di jalan tol selama puncak arus mudik Lebaran yang terjadi pada tanggal 19 hingga 21 April 2023. One way bakal diberlakukan dari km 72 Tol Cipali hingga km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho mengungkapkan, sistem one way diberlakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol.

“Kami pihak kepolisian akan memberlakukan sistem one way pada tanggal 18 April mulai dari KM 72 hingga KM 414. Karena puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 dan H-1,” kata Sandi dalam keterangannya, Minggu (2/4/2023).

Kemudian, one way juga diterapkan pada puncak arus balik, yakni pada 24 April sampai 25 April 2023 atau H+2 dan H+3 lebaran, serta tanggal 29 April hingga 1 Mei 2023.

“Nanti juga akan diberlakukan sistem one way untuk arus balik, mulai dari km 414 hingga km 72,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sandi menyebut pihaknya sudah memetakan lokasi krusial di jalan tol yang berpotensi kepadatan lalu lintas tinggi saat lonjakan arus mudik hingga arus balik Lebaran tahun ini.

Titik-titik krusial tersebut berada di Jalur Tol Trans Jawa, jalur tol ke arah Jawa Tengah dimana Tol Cipali.

Kemudian di rest area Sumatera dan Jawa. Menurutya untuk di jalur Sumatera ada di Indralaya-Palembang. Sementara untuk rest area jalur Jawa berada di Tol Cipali.

“Sementara untuk di Pelabuhan Merak dari pengalaman tahun lalu, angkutan lebaran sempat terjadi kepadatan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Idulfitri 2023, Polri akan menurunkan 148.211 personel. Pelibatan kekuatan baik dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, polda di berbagai provinsi 91.153 personel, dan intansi terkait sebanyak 55.818 personel. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *