Vincent Kompany Berhasil Bawa Burnley Promosi ke Liga Premier Inggris

Vincent Kompany berhasil membawa Burnley promosi ke Liga Premier Inggris musim depan setelah mengalahkan Middlesbrough 2-1 di Riverside Stadium pada Sabtu, 8 April WIB.

Dengan begitu, Burnley hanya membutuhkan satu musim untuk kembali ke kompetisi sepak bola tertinggi di Inggris tersebut setelah terdegradasi musim lalu.

“Masih ada tujuh pertandingan tersisa dan kami sudah merayakannya (promosi). Kami bahkan tidak menyangkanya,” kata Kompany kepada Sky Sport.

“Kami ingin mengalami ini suatu saat, tetapi lebih cepat juga lebih baik.”

Mereka mencatatkan 19 pertandingan tanpa terkalahkan dan unggul 11 poin dari peringkat dua yang ditempati Sheffield United. Posisi ketiga hingga keenam akan melakukan playoff untuk menentukan satu tiket tersisa.

Sementara posisi dua besar akan langsung promosi ke Liga Premier Inggris.

Tim yang dilatih mantan kapten Manchester City, Vincent Kompany juga memecahkan rekor sebagai tim Championship tercepat yang promosi ke Liga Premier Inggris dengan hanya membutuhkan 39 pertandingan.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Reading, Leicester City, Fulham dan Newcastle United dengan 41 pertandingan.

Kompany ditunjuk Burnley di awal musim lalu dan langsung memberikan dampak instan bagi klub. Selain mengamankan tiket promosi, dia juga mampu membawa Burnley ke perempat final Piala FA musim ini sebelum disingkirkan oleh mantan klubnya Manchester City dengan agregat 8-0.

Presiden Burnley, Alan Pace bahkan tidak menyangka klubnya bisa kembali ke Liga Premier Inggris lebih cepat dibandingkan rencana.

“Ini sebuah kejutan, ini bukan rencana kami,” kata Pace. “Vincent dan saya sudah berbicara musim panas ini, kami menargetkan promosi dua atau tiga tahun lagi.”

Burnley kini masih harus memastikan diri menjadi juara divisi Championship musim 2022/2023. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *