Peringati Nuzulul Qur’an 1444H, Lapas I Cipinang Berperan Aktif Meriahkan Festival Ramadhan

Jakarta – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta mengikuti kegiatan Festival Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Al-Qur’an 1444 H di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta pada hari Sabtu (08/04/2023). Kegiatan yang bertemakan “Memaknai Qur’an Sebagai Pedoman Pembinaan Agama Islam dan Momentum Meningkatkan Ibadah Kepada Allah dan Meneladani Rasulullah” berjalan dengan penuh khidmat.

Nuzulul Al-Qur’an merupakan peristiwa turunnya kitab suci Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Setiap tahun, Nuzulul Al-Qur’an diperingati pada malam 17 Ramadhan. Selain dalam rangka memperingati momentum turunnya Al-Qur’an, kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023.

Selanjutnya Lapas I Cipinang pada kesempatan ini mengirimkan delegasi perwakilan warga binaan pemasyarakatan yang tergabung dalam Latucip Band untuk menampilkan bakat dan prestasinya diatas panggung sekaligus memeriahkan kegiatan Festival Ramadhan. Tidak sampai disitu petugas Lapas Kelas I Cipinang juga turut menorehkan prestasinya dengan mendapatkan penghargaan kategori Pembina Kerohanian terbaik. Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun kepada Sugeng M Yusuf, salahsatu pembina kerohanian Islam di Lapas Kelas I Cipinang.

Kalapas I Cipinang Tonny Nainggolan mengungkapkan bahwa peringatan Nuzulul Al-Qur’an ini tidak hanya sebuah kegiatan yang seremonial saja, tetapi bagaimana menterjemahkan nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian Ia juga mengapresiasi kepada petugas dan WBP Lapas Cipinang yang sudah berpartisipasi pada kegiatan Festival Ramadhan dan Peringatan Nuzulul Al-Qur’an 1444 H.

“Kegiatan ini momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” tutur Tonny.

“Selain itu semua ini adalah hasil dari pembinaan pemasyarakatan dan pembinaan kerohanian yang dijalankan dengan sangat baik,” tutup Kalapas I Cipinang. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *