Jusuf Kalla Minta Tidak Nodai Lebaran dengan Kepentingan Politik

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ke-10 dan Ke-12 Muhammad Jusuf Kalla atau JK mengimbau agar Hari Kemenangan atau Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah tak dinodai oleh kepentingan politik.

Apalagi, sambung dia, pada Lebaran kali ini bertepatan dengan tahun politik. “Jadi, tidak ada hubungannya antara Idul Fitri dengan politik, saya harap semua orang memahami itu,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

Dia berharap agar momentum Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah justru dimanfaatkan oleh semua pihak agar saling bersatu dan maaf-memaafkan. “Ya, justru lebaran itu sebaiknya saling mempersatukan orang. Tidak ada disini, saat Lebaran terkotak-kotak, partai apa partai apa, semua sama,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini juga angkat bicara mengenai dua sosok yang telah diusung oleh partai politik (parpol) yaitu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.  Menurutnya, setiap pihak baiknya menghormati keputusan yang ada. “Itu tentu adalah kewenangan PDIP dan partai politik lainnya dan kita menghormati itu,” pungkas JK.

Di sisi lain, JK bersyukur dua perayaan Idul Fitri berlangsung aman dan lancar. “Alhamdulillah pelaksanaan Idul Fitri tahun ini berjalan dengan lancar. Toleransi masyarakat walaupun ada dua Idul Fitri tapi semua berjalan dengan baik,” katanya.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri 2023 jatuh pada Sabtu (22/4/2023), sedangkan ormas Muhammadiyah menyatakan 1 Syawal 1444 Hijriah pada Jumat (21/4/2023) sehingga sebagian umat Islam sudah menjalankan salat Idul Fitri.

JK sendiri menunaikan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal Jakarta yang dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Ketua Mahkamah Agung H.M. Syarifuddin, Menteri ESDM Arifin Tasrief, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi hingga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Lucas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *