Jumlah Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni Menuju Merak Alami Peningkatan

Lampung – PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni mencatat jumlah penumpang dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak, Banten, mencapai 47.405 orang pada H+1 Lebaran 2023.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, mengatakan dari jumlah penumpang tersebut terbagi menjadi dua bagian yakni pejalan kaki dan dalam kendaraan.

“Untuk penumpang pejalan kaki yang melakukan perjalanan menuju Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 4.253 orang dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 43.152 orang,” kata Rudi, Senin (24/4/2023).

Ia mengatakan berdasarkan data jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak, Banten, pada hari Lebaran dan arus balik H+1 terus meningkat dari hari ke hari.

Berdasarkan data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 23 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 24 April 2023 pukul 08.00 WIB, jumlah penumpang yang menuju ke Pulau Jawa terus meningkat, dengan jumlah  jumlah kendaraan yang menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa sebanyak 10.045 unit. Jumlah itu jauh meningkat dari periode sama satu hari sebelumnya yang hanya 6.039 unit.

Ia menjelaskan penumpang kendaraan terbagi menjadi empat kendaraan yakni roda dua, roda empat, bus, serta truk dan kendaraan besar.

“Untuk kendaraan yang menyeberang, kendaraan roda dua sebanyak 3.044 unit, roda empat 6.531 unit, bus 166 unit, dan truk kendaraan besar 304 unit,” katanya.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

“Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari,” ujar Rudi Sunarko. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *