Marc Marquez Dipastikan Absen di MotoGP Spanyol 2023

Kabar kurang baik datang dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. Kondisi cedera yang belum pulih sepenuhnya membuat Marquez resmi dipastikan absen dari MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez, Minggu 30 April.

Hal ini diumumkan tim Repsol Honda di situs resmi mereka, Rabu (26/4/2023). Pihak tim menyebut, keputusan ini diambil seetelah sang pebalap melakukan pemeriksaan medis di rumah sakit.

Marquez divonis harus beristirahat lebih lama untuk pemulihan cedera.

“Selasa, 25 April, Marc Marquez menjalani pemeriksaan medis di Ruber Internacional Hospital setelah berhasil dioperasi empat pekan lalu karena patah tulang intra articular metacarpal pertama di tangan kanan,” tulis Repsol Honda.

“Perkembangan klinis dan radiologis dinilai memuaskan, namun, karena sifat fraktur dan waktu yang telah berlalu, tim medis yang dipimpin Dr. Roger de Ona telah memutuskan untuk melanjutkan pemulihan dan persiapannya selama beberapa minggu mendatang,” lanjut pernyataan tersebut.

Tim juga mengungkapkan, kapan kemungkinan Marque kembali membalap. Juara dunia MotoGP enam kali itu bisa saja turun mengaspal di Prancis pada 12 – 14 Mei mendatang.

Marquez turut mengonfirmasi apa yang disampaikan timnya. Dia menegaskan kondisinya belum pulih untuk bisa tampil di seri ke-4.
“Kemarin kami melakukan CT scan lagi dan telah dipastikan bahwa, terlepas dari fakta bahwa cederanya berkembang dengan baik, penyembuhan tulangnya belum selesai dan balapan di Jerez berisiko. Bersama tim medis, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun, menunggu dua minggu lagi dan kembali ke Le Mans,” kata Marquez.

Dia pun sangat menyesal harus melewatkan Grand Prix Spanyol yang merupakan balapan kandang untuknya. Apalagi, bagi The Baby Alien, balapan ini selalu istimewa.

“Karena suasananya, balapan di rumah dan yang terpenting, melihat dan menikmati para penggemar. Saya akan melanjutkan rehabilitasi dan bekerja untuk kembali secepat mungkin. Terima kasih atas dukungan Anda,” pungkas Marquez.

Repsol Honda telah menunjuk dan mengumumkan bahwa Iker Lecuona dari Tim HRC di WorldSBK akan tampil menggantikan Marquez. (Fredy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *