Alasan Keamanan, Bandara Bilogai Papua Ditutup hingga Waktu Tak Ditentukan

Jayapura – Bandara Bilogai di Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah,  ditutup sementara dengan alasan keamanan. Penutupan bandara hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Bilogai Sunarsa, Jumat, mengakui, operasional bandara ditutup sementara pada Jumat 28 April karena alasan keamanan.

“Memang benar alasan penutupan bandara Bilogai karena faktor keamanan,” kata Sunarsa dalam pesan singkat, Jumat (28/4/2023).

Ketika ditanya tentang operasional Bandara Bilogai saat normal, Sunarsa mengatakan, setiap hari sekitar delapan penerbangan menyinggahi Bandara Bilogai dan seluruhnya pesawat berbadan kecil.

Pesawat tujuan Bilogai itu selain membawa penumpang juga barang dari Timika dan Nabire.

“Belum dipastikan sampai kapan penutupan bandara dilakukan,” jelas Kepala UPBU Bilogai Sunarsa.

Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri secara terpisah mengakui, saat ini situasi kamtibmas di Intan Jaya relatif kondusif.

Walaupun demikian aparat keamanan TNI-Polri tetap bersiaga dan waspada untuk memberikan rasa aman ke masyarakat, kata AKBP Afrizal Asri yang dihubungi dari Jayapura.

Beberapa warga Sugapa yang masih berada di Nabire mengaku belum bisa terbang ke Sugapa karena tidak ada penerbangan.

“Memang hari ini tidak ada penerbangan ke Sugapa karena bandara ditutup alasan keamanan,” kata Marthen.

Harga tiket ke Sugapa dari Nabire bervariasi dari Rp 2,3 juta hingga Rp 2,5 juta, sedangkan bila terbang dari Timika -Sugapa harga tiketnya mencapai Rp1,7 juta. (Fredy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *