Pastikan Pengelolaan Arsip UPT Telah Sesuai, Lapas Samarinda IKuti Pendampingan Arsip oleh Tim Arsiparis Kanwil Kemenkumham Kaltim

Samarinda- Tim Arsiparis Kanwil Kemenkumham Kaltim melaksanakan kegiatan pengawasan kearsipan pada Lapas Kelas IIA Samarinda, Rabu (30/8/2022).

Wiji selaku Arsiparis Kanwil mengatakan, pengawasan kearsipan merupakan salah satu bentuk kegiatan pembinaan kearsipan sebagaimana diamanatkan di dalam pasal 10 ayat (1) PP No.28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU No.43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

“Kegiatan pengawasan kearsipan penting dilakukan untuk mengatasi adanya persoalan teknis dan substantif dalam pengelolaan arsip pada Unit Pelaksana Teknis (UPT),” ujarnya.

Menurut Wiji, observasi difokuskan pada penciptaan arsip yang dilihat dari dokumen surat, nota dinas, surat perintah dan laporan milik masing-masing UPT. Sedangkan untuk penyimpanan arsip di Lapas Samarinda, Tim Arsiparis melihat dari bukti dokumentasi berupa foto lokasi tempat penyimpanan arsip yang berada di Kaur Umum dan Kamtib.(Charles)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *