Skateboard Indonesia Raih Perak Asian Games 2023, Menteri Basuki Sampaikan Perbaikan Skate Park di TMII

Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono selaku Chef de Mission (CdM)/Ketua Kontingen Asian Games 2023 mengapresiasi perolehan medali perak yang diraih  atlet cabang olahraga (cabor) skateboard Sanggoe Darma Tanjung pada ajang Asian Games 2023 di Hangzhou, China. Di partai final pada nomor men’s street, Sanggoe kalah bersaing dengan atlet China Zhang Jie yang sukses merebut medali emas dengan mengumpulkan total 231,14 poin.

“Kita bersyukur Sanggoe dapat perak, apapun alasannya tapi ini adalah hasilnya. Tapi, semua tahu mungkin he’s better. Sanggoe ini sudah hebat, tidak ada pelatih, tidak ada program bisa dapat perak, orang lain sudah TC di mana-mana,” kata Menteri Basuki.

Tampil di Qiantang Roller Sports Center, atlet asal Bali ini memulai run pertamanya dengan baik dan mendapatkan 62,54 poin. Di run kedua, Sanggoe mampu melakukan trick andalan untuk mendapatkan poin lebih besar, 64,77.

Total, Sanggoe memperoleh 200,63 poin untuk memastikan medali perak. Skateboarder tuan rumah, China, Zhang Jie berhak atas medali emas dengan total poin  231,14 dan medali perunggu direbut wakil tuan rumah lainnya, Su Jianjun dengan 195,73 poin.

Menteri Basuki bersama Sekretaris CdM Wijaya Noeradi dan Deputi III CdM Dadang Rukmana turut menyaksikan langsung perjuangan atlet skateboard di Qiantang Roller Sports Center. Keberhasilan Sanggoe membuat kontingen Indonesia berhasil menambah koleksi medalinya di Asian Games 2023. Indonesia, sementara ini, berhasil meraih tiga medali emas, dua medali perak, dan lima medali perunggu.

Saat bertemu langsung dengan CdM Basuki, Sanggoe menitip pesan agar di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara nantinya dibangun skate park dengan standar internasional. “Saya ingin nanti di IKN ada skate park saja sih, Pak,” pinta Sanggoe kepada Menteri Basuki.

Menanggapi permintaan Sanggoe tersebut, Menteri Basuki menyampaikan bahwa telah menerima laporan Taman Mini Indonesia Indah memiliki arena skate yang dapat dimanfaatkan untuk latihan.

“Saya tadi juga sudah dipesan kalau di Taman Mini ada skate park yang katanya terbengkalai, nanti kita perbaiki,” kata Basuki. (Natalia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *