Antisipasi Caleg Gagal, Pemkot Jakpus Siapkan Layanan Kesehatan Jiwa

Jakarta – Antisipasi munculnya calon legislatif (Caleg) menderita stres akibat gagal lolos di Pemilu 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) telah menyiapkan fasilitas layanan kesehatan jiwa di Puskesmas.

Layanan ini khusus untuk para peserta pemilu yang gagal terutama caleg karena cenderung memiliki tingkat stres lebih tinggi.

“Kesiapan antisipasi dari fasilitas atau layanan di bawah Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Pusat tentunya sudah disiapkan di puskesmas dan RS,” ” ujar Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Risma Sari saat dikonfirmasi, Jumat (26/1/2024).

Fasilitas atau pun layanan kesehatan khusus jiwa ini sebagai antisipasi bagi peserta pemilu yang gagal. Jika ada kasus tersebut, sambungnya, maka pelayanan kesehatan jiwa sudah tersedia di puskesmas wilayah Jakarta Pusat.

Selanjutnya, ketika ada kasus khusus karena perlu dilakukan rawat inap, maka akan dirujuk ke rumah sakit.

Menurut Risma, faktor yang menyebabkan caleg atau peserta pemilu stres saat gagal atau kalah itu dapat terjadi karena adanya harapan tinggi yang tidak terpenuhi, sementara segala upaya dan sumber daya sudah dilakukan.

“Kalau dari pengalaman pemilu sebelumnya, di wilayah Jakarta Pusat belum pernah ditemukan atau belum ada laporan,” katanya. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *