Pecahkan Rekor, Lotus Emeya Mobil Listrik dengan Pengisian Daya Tercepat

Lotus Emeya dinobatkan sebagai mobil listrik produksi dengan pengisian daya baterai paling cepat. Klaim tersebut muncul setelah mobil ini tercatat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen hanya dalam waktu 14 menit.

Dari awal perilisan Emeya, Lotus memang mempromosikan kecepatan waktu pengisian baterainya, di mana Emeya menggunakan teknologi baterai 800V dengan Advanced Lotus Hyper Charging.

Dalam pengujian yang menggunakan koneksi DC 400 kW, sedan mewah ini mencapai kecepatan pengisian puncak 402 kW dengan rata-rata 331 kW. Angka ini mengungguli rekor kecepatan pengisian puncak 320 kW yang diklaim Porsche untuk Taycan facelift.

Diketahui, Emeya merupakan mobil listrik kedua Lotus, setelah Eletre. Keduanya termasuk keluarga model baru yang berorientasi gaya hidup yang diproduksi di Wuhan, China yang juga fokus pada performa luar biasa sama.

Emeya tercepat dibekali mesin penggerak ganda yang menghasilkan tenaga hingga 905 hp dan torsi 985 Nm ke keempat roda. Tenaga tersebut cukup untuk akselerasi dari 0-96 km/jam dalam waktu kurang dari 2.8 detik, menjadikan Emeya salah satu sedan tercepat di pasaran.

Sementara, spesifikasi untuk Emeya entry-level dan Emeya S belum diumumkan, tetapi diperkirakan akan setara dengan model Lotus Eletre. Semua varian dibekali baterai 102kWh yang secara resmi menghasilkan jangkauan hingga 610 km.

Emeya akan memasuki produksi akhir tahun ini, dengan pengiriman pertama ke Eropa dijadwalkan dimulai musim gugur ini.

Untuk harga sedan mewah ini di Inggris, mulai dari 107.450 poundsterling (setara Rp2,23 miliar) untuk mobil S varian menengah dan mencapai 129.950 poundsterling (setara Rp2,69 miliar untuk model R paling bertenaga. (Norman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *